Rabu, 27 Mei 2015

FUI Seru Umat Islam Indonesia Gelar Aksi Solidaritas Rohingya


Forum Umat Islam (FUI) menyeru seluruh komponen umat Islam di berbagai daerah di seluruh Indonesia melakukan aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya. Hal itu sebagai salah satu bentuk pertolongan terhadap mereka yang diusir dan ditindas.
“(Kami) Menyerukan kepada seluruh komponen Masyarakat, khususnya Organisasi-organisasi Umat Islam di berbagai kota/daerah seluruh Indonesia untuk melakukan Aksi Solidaritas dan Doa buat Keselamatan Kaum Muslim Rohingya,” seru FUI dalam pres releasenya yang diterima Kiblat.net, Rabu (27/05).
FUI juga menekan pemerintah Myanmar melalui Kedutaan Besarnya di Indonesia, untuk segera menghentikan kezaliman yang dilakukan pemerintah, militer, dan terlebih oleh Biksu terhadap minoritas Muslim Rohingya.
Tidak hanya itu, para pengikut Budha di Indonesia juga diminta menekan Budha Myanmar menghentikan permusuhan dan pengusiran kepada umat Islam di Myanmar.
Kepada pemerintah Indonesia, FUI meminta penguasa memberikan memberikan perlindungan dan kehidupan yang layak kepada Muslim Rohingya dengan menyediakan tanah atau pulau untuk tempat tinggal Muslim Rohingya, tidak sekedar menampung mereka sebagai pengungsi.
Terakhir, bagi masyarakat Indonesia, khususnya Umat Islam, untuk memberikan bantuan makanan, obat, pakaian, dan penampungan serta biaya untuk pendidikan anak-anak Muslim Rohingya.
Sebagaimana diketahui, ribuan pengungsi asal Rohingnya terdampar di pantai Aceh. Mereka terkatung-katung di tengah laut selama beberapa bulan, setelah diusir dari kampung halaman mereka. Etnis minoritas itu tidak diakui oleh pemerintah sebagai warga Myanmar, meski mereka lahir dan tumbuh di negara tersebut. 
Reporter: Sulhi El-Izzi
Editor: Hunef Ibrahim

sumber:kiblat.net

0 komentar